Khusus Pemula, Anda Bisa Lakukan ini Dalam Detailing Mobil

Thursday, 14th February 2019

 

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam detailing. untuk itu saya akan share apa aja sih langkah2 umum dalam men-detail mobil. berikut list-nya :

1. wash
2. clay
3. polish
4. wax

langkah-langkah di atas adalah tahapan yang paling umum dilakukan. tergantung kondisi mobilnya, 4 langkah tersebut sudah mampu membuat mobil anda stand out dan terawat pastinya.

 

1. Wash

Mencuci dapat anda lakukan dengan banyak cara. usahakan untuk selalu memulainya dari bagian yang paling kotor. seperti Velg, ban dan wheel arches adalah yang bersentuhan langsung dengan jalan sehingga paling sering mengalami kekotoran.

peralatan yang perlu dipersiapkan:
a. wheel cleaner atau all purpose cleaner
b. sikat (gigi, sepatu, dll)
c. sponge
d. kuas

setelah velg, ban dan wheel arches sudah bersih, setelahnya mulai cuci bagian body. Cuci body juga mulai dari atas lalu ke bawah supaya washmitt/sponge yang dipakai gak kotor duluan kena bagian bawah. Boleh mulai dengan bilas mobil anda supaya debunya hilang, lalu foam terlebih dahulu dan diikuti dengan cuci menggunakan washmitt dan dua ember. two buckets method ini tujuannya agar washmitt yang kotor dibilas di ember air bersih lalu masukin ke air sabun. tujuannya supaya tidak terbawa kotoran yang bisa nimbulin baret.

Peralatan yang dibutuhkan:
a. sabun mobil
b. 2 ember
c. selang air
d. air bersih
e. washmitt/sponge
f. chamois/microfiber/waffleweave drying towel
g. blower

Bilas dan keringkan mobil anda. untuk pengeringannya santai saja, lakukan dengan perlahan dan no pressure supaya tidak timbul baret-baret halus.

 

2. Clay

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, apa tujuan clay ? clay adalah proses mengangkat kotoran yang nempel di permukaan yang tidak terangkat disaat mencuci menggunakan sabun. Apa aja yang clay bisa angkat? paint overspray, kotoran burung, aspal, semen kering, paint transfer, brake dust, kerak air, dan masih banyak lagi. caranya melakukannya bagimana? basahin bagian mobil yang mau dikerjakan dengan air/air sabun. bisa juga pake quick detailer/clay lubricant. tergantung budget yang anda miliki. lalu mulai dengan claying. pelan-pelan jangan pake pressure, biarin claynya glide mengangkat kotorannya. setelah proses dekontaminasi selesai, raba permukaan. kalo udah halus berarti clayingnya sudah bener. keringkan permukaan dengan microfiber towel. Claying umumnya dilakukan 3-6 bulan sekali. Tergantung pemakaian mobilnya yang anda lakukan.

Peralatan yang anda perlukan:
a. claybar/claytowel
b. quick detailer/air sabun/clay lubricant
c. microfiber towel

 

3. Polish

Setelah catnya bebas kotoran, saatnya polish untuk menghilangkan swirlmarks, scratches, oksidasi dan mengembalikan gloss. Polish bisa pake tangan atau mesin. umumnya pake tangan capek banget, jadi untuk pemula/hobbyist boleh beli mesin DA. mesin DA benar-benar aman untuk pemula. Caranya bagimana ? gunakan tangan pakai hand buffing pad, berikan 3-4 tetes obat polish lalu mulai gosok-gosok permukaan sampai swirlsnya hilang/berkurang, lalu lap dengan microfiber towel sampe permukaan bersih. Polish direkomendasi 2 kali per tahun (maximal 3 kali). Karena polish akan mengikis clear coat, jika keseringan polish maka akan bikin botak.

Peralatan yang anda butuhkan:
a. polish
b. hand buffing pad
c. DA machine + polishing pad
d. microfiber towel

 

4. Wax/Sealant

Bagian ini yang paling disukai sama banyak orang. tujuan pada tahap ini adalah memberikan lapisan tipis pada mobil supaya terlindung dari debu, air, kotoran, dll. selain itu beda wax akan memberikan finishing look yang beda pada tiap mobil anda. faktornya pasti banya seperti warna cat, karakter wax, curing time, dan lain-lain.

Caranya adalah gunakan applicator pad, lalu tuangkan 2-3 tetes wax/sealant (kalo liquid) lalu mulai apply di permukaan secara merata. caranya bisa diputar-putar, bolak balik, selang-seling juga tidak masalah asalkan jangan diteken supaya tidak timbul swirls. setelah itu tunggu atau langsung hapus (tergantung instruksi dari masing-masing wax/sealant) pake microfiber towel. Hasil wax/sealant itu biasanya antara wet look, deep look, glassy atau warm. Tergantung karakter cat-nya lagi (solid, metallic, xyrallic atau pearlescent). Sealant itu biasanya punya durability lebih tinggi dari pada wax karena sifatnya yang all chemical.

Peralatan yang anda perlukan:
a. wax/sealant
b. applicator pad
c. DA machine (optional)
d. microfiber towel

 

5. Tyre dressin/semir ban

Tujuan dari proses ini adalah mencegah ban dari browning effect. sekaligus bikin image mobil keliatan bersih dan lebih terawat.

Peralatan yang anda butuhkan:
a. tyre dressing
b. applicator pad

Selesai deh 4 tahap detailing untuk pemula/hobbyist. Kalo udah begini, setelah itu anda hanya perlu maintenance aja habis cuci pake spray wax atau quick detailer. it is called maintaining the finish.

 

Referensi : Modifikasi.com