Cegah Bodi Mobil Tergores dan Berjamur, Begini Caranya, by VIVA.co.id

Saturday, 12th May 2018
Yunisa Herawati
Kamis, 26 April 2018 | 19:53 WIB

 

VIVA – Ada berbagai cara untuk merawat cat mobil agar tetap mengkilap. Coating menjadi salah satu pilihan praktis bagi pemilik kendaraan. Sebab, hal ini tak memerlukan perawatan khusus.

Berdasarkan penelusuran VIVA di gelaran Indonesia International Motor Show 2018, ada cairan pelindung cat mobil yang terbilang cukup unik. Karena bahan yang digunakan berasal dari kaca sapphire.

“Kaca sapphire adalah bahan biasa digunakan untuk membuat jam tangan. Kaca sapphire kami proses secara kimiawi menjadi cair, sehingga bisa diaplikasikan ke permukaan kendaraan,” kata Chief Executive Officer (CEO) Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian, di Kemayoran, Jakarta, Kamis 26 April 2018.

Ia mengklaim, bahan dasar tersebut bila diaplikasikan pada cat kendaraan, baik mobil maupun motor bisa mengkilap lebih lama hingga tiga tahun. Dan diklaim telah teruji tahan terhadap goresan dan sinar ultra violet.

“Karakter Indonesia sekarang rata-rata malas cuci mobil, apalagi hujan sudah pasti akan timbul jamur bila dibiarkan. Nah, bila coating ini diaplikasikan tidak akan timbul jamur karena sifatnya berlawanan air,” ujarnya.

Ia menegaskan, permukaan yang dilapisi cairan tersebut akan memiliki sifat seperti super oleophobic yaitu lapisan tidak mudah tertempel minyak, kotoran dan debu. Serta, super hydrophobic yakni lapisan akan menjadi anti air.

“Coating ini bukan hanya digunakan untuk mobil dan motor saja, tetapi bisa juga untuk kapal, pesawat terbang dan konstruksi bangunan,” ujarnya.

“Garansi tiga tahun, syaratnya tiap enam bulan harus dilakukan perawatan ” tutur dia.