Cairan Ini Diklaim Buat Cat Mobil Kinclong Hingga Tahunan, by LIPUTAN 6

Saturday, 12th May 2018

Herdi Muhardi

24 Apr 2018, 20:28 WIB

Liputan6.com, Jakarta – Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 juga diikuti sejumlah perusahaan pendukung otomotif, baik mobil maupun sepeda motor.

Nah, dari pantauan Liputan6.com, Selasa (24/4/2018), hadir pula booth yang menawarkan cairan pelindung cat khusus bodi yang disebut Topcoat.

Menurut CEO Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian, produk inovatif ini merupakan pelindung cat yang terbuat dari bahan Sapphire Serum, dimana teknik polesnya lebih tahan lama daripada bahan wax atau coating dengan nano ceramic.

“Kalau wax paling lama satu minggu, bahkan wax sekarang bisa hilang 3-4 hari, nano ceramic juga. Nah, bahan coating digunakan dari bahan senyawa kimia dari kaca sapphire berkualitas tinggi dengan proses Nano German Technology,” ujar Christopher di acara IIMS 2018, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Christoper mengklaim, dengan bahan sapphire serum maka proses perlindungan bersifat permanen terhadap permukaan cat mobil sehingga mampu melindungi, menambah usia pemakaian, hingga mempermudah perawatan.

Dia menjelaskan, material yang dilapisi Topcoat mempunyai sifat super oleophobic, yaitu lapisan tidak mudah tertempel minyak. Termasuk jika kena tetesan minyak saat isi bahan bakar.

Selain itu, bodi mobil yang sudah dilapisi cairan ini juga mampu menghindari noda-noda membekas dari kotoran burung, getah pohon, lumpur dan debu.

“Ada juga super hydrophobic yaitu lapisan permukaan menjadi anti air karena semua jenis cairan akan jatuh seperti air dengan bentuknya bulat, sehingga permukaan akan selalu bebas dan bersih dari air dan jamur,” katanya. Cairan ini juga tahan terhadap hujan ekstrem dan cuaca panas sampai 700 derajat celcius dan tahan sampai 1.000 kali cuci.

Penggunan pelapis cat ini tak hanya untuk kendaraan roda empat atau roda dua, tetapi juga diterapkan untuk kapal, pesawat terbang, furniture, dan konstruksi bangunan.

“Garansinya selama tiga tahun, dengan syarat setiap enam bulan harus ke bengkel untuk dilakukan maintenance ” tutupnya